Rabu, 21 Januari 2009

Jantung dan 3 Cangkir Kopi Sehari

Satu hingga tiga gelas kopi perhari dipercaya dapat melindungi seseorang dari serangan jantung dan stroke, demikian menurut penelitian terbaru.

Hasil penelitian yang disampaikan dalam American Journal of Clinical Nutrition berhasi mematahkan anggapan yang selama ini dipegang oleh masyarakat bahwa kopi kurang baik bagi kesehatan.

Pernyataan terbaru ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan terhadap 27,000 wanita paruh baya selama periode 15 tahun, lansir Daily Telegraph.

Dalam penelitian itu ditemukan turunnya resiko penyakit jantung sekitar 30 persen pada wanita yang mengkonsumsi kopi dengan kadar secukupnya.

Analisis yang merupakan bagian dari penelitian Iowa Women's Health Study, menemukan sekitar 60 persen antioksidan dalam pola diet didapat dari kopi. Antioksidan menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan dan mengurangi pembengkakan dan penyempitan pembuluh arteri.

Zat yang aktif dalam kopi meliputi kafein dan polyphenol. Polyphenol juga ditemukan dalam anggur merah dan dipercaya mampu menurunkan resiko terjadinya penyakit cardiovascular atau jantung.

Dr Sarah Jarvis, dari Royal College of General Practitioners mengatakan, "Semua ini tergantung dari kemampuan masing-masing pribadi untuk mengontrol gaya hidup. Terlalu banyak berolahraga, terlalu banyak minum kopi ataupun alkohol tetap dapat membawa akibat buruk bagi tubuh. Namun jika dilakukan dengan kadar secukupnya, niscaya Anda dapat menarik keuntungan dari semua itu."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar